Langsung ke konten utama

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan      : SMA N/S
Mata Pelajaran          : Seni Budaya
Kelas /Semester          : X/Ganjil
Tahun Pelajaran         : 2017/2018
Materi Pokok              : Seni Rupa
Alokasi Waktu                        : 10 JP (5 Pertemuan)

A.     Tujuan Pembelajaran
Selama dan setelah proses pembelajaran peserta didik diharapkan dapat:
1.   Menjelaskan konsep dasar seni rupa dua dimensi.
2.   Menganalisis unsur seni rupa dua dimensi
3.   Menjelaskan prisnsip seni rupa dua dimensi
4.   Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua demensi
5.   Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
6.   Membuat sketsa  perancangan karya seni rupa dua dimensi
7.   Membuat wujud karya seni rupa dua dimensi dalam media kanvas

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
3.1.   Memahami konsep, unsur, prinsip, bahan, dan teknik dalam proses berkarya seni rupa
3.1.1        Menjelaskan konsep dasar seni rupa dua dimensi.
3.1.2        Menganalisis unsur seni rupa dua dimensi
3.1.3        Menjelaskan prisnsip seni rupa dua dimensi
3.1.4        Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua dimensi
3.1.5        Mengidentifikasi bahan dalam membuat karya seni rupa dua dimensi
4.1     Membuat karya seni rupa dua dimensi menggunakan berbagai bahan dan teknik dengan melihat model
4.1.1            Membuat sketsa perancangan karya seni rupa dua dimensi
4.1.2        Membuat wujud karya seni rupa dua dimensi dalam media kanvas

C.     Materi Pembelajaran
1.      Fakta
ª Contoh karya seni rupa 2 dimensi dapat kita temukan pada beberapa produk atau benda, di antaranya antara lain lukisan, foto, poster, banner, desain produk, karikatur, kaligrafi, mozaik, dan logo.
2.      Konsep
ª Menjelaskan konsep dasar seni rupa dua dimensi.
ª Menganalisis unsur seni rupa dua dimensi
ª Menjelaskan prisnsip seni rupa dua dimensi
ª Menjelaskan teknik dalam membuat seni rupa dua dimensi
3.      Prinsip
ª Memahami konsep, unsur, prinsip, bahan, dan teknik dalam proses berkarya seni rupa
4.      Prosedur
ª Membuat karya seni rupa dua dimensi menggunakan berbagai bahan dan teknik dengan melihat model
ª Membuat sketsa rancangan karya dari obyek flora dan fauna
ª Menerapkan sketsa rancangan pada media kanvas

D.     Metode Pembelajaran
1.      Pendekatan                 :  Scientific Learning
2.      Model Pembelajaran    :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

E.     Media Pembelajaran
1.      Media LCD projector,
2.      Laptop,
3.      Bahan Tayang

F.      Sumber Belajar
1.      Buku teks pelajaran yang relevan
2.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran seni budaya kelas  XJakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.      Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku siswa Mata Pelajaran seni budaya kelas  X Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
4.      Modul Pembelajaran Seni Budaya
5.      internet,
6.      Sumber lain yang relevan

G.     Langkah-langkah Pembelajaran

1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª  Pengertian dan konsep dasar seni rupa dua dimensi
ª  Pengkelompokan seni rupa berdasarkan penciptaannya dan menurut bentuk/wujud/dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
ª  Media, bahan dan teknik-teknik seni rupa dua dimensi
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.


Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
v  Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran.
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª  Pengertian dan konsep dasar seni rupa dua dimensi
ª  Pengkelompokan seni rupa berdasarkan penciptaannya dan menurut bentuk/wujud/dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
ª  Media, bahan dan teknik-teknik seni rupa dua dimensi
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
ª  Pengertian dan konsep dasar seni rupa dua dimensi
ª  Pengkelompokan seni rupa berdasarkan penciptaannya dan menurut bentuk/wujud/dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
ª  Media, bahan dan teknik-teknik seni rupa dua dimensi
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
ª  Pengertian dan konsep dasar seni rupa dua dimensi
ª  Pengkelompokan seni rupa berdasarkan penciptaannya dan menurut bentuk/wujud/dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
ª  Media, bahan dan teknik-teknik seni rupa dua dimensi
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
ª  Pengertian dan konsep dasar seni rupa dua dimensi
ª  Pengkelompokan seni rupa berdasarkan penciptaannya dan menurut bentuk/wujud/dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
ª  Media, bahan dan teknik-teknik seni rupa dua dimensi
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
ª  Pengertian dan konsep dasar seni rupa dua dimensi
ª  Pengkelompokan seni rupa berdasarkan penciptaannya dan menurut bentuk/wujud/dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
ª  Media, bahan dan teknik-teknik seni rupa dua dimensi
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
ª  Pengertian dan konsep dasar seni rupa dua dimensi
ª  Pengkelompokan seni rupa berdasarkan penciptaannya dan menurut bentuk/wujud/dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
ª  Media, bahan dan teknik-teknik seni rupa dua dimensi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
ª  Apa yang dimaksud dengan seni?
ª  Sebutkan ciri karya seni yang berbentuk 2 dimensi !
ª  Sebutkan contoh-contoh karya seni yang berbentuk dua dimensi !
ª  Unsur-unsur apa yang ada di karya seni rupa dua dimensi dengan satu karya yang disajikan
ª  Media dan bahan apa yang digunakan oleh seniman terakit oleh karya yang disajikan guru
Membimbing penyelidikan individu
Mengumpulkan informasi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
mencari dan membaca di internet artikel tentang
ª  Pengertian dan konsep dasar seni rupa dua dimensi
ª  Pengkelompokan seni rupa berdasarkan penciptaannya dan menurut bentuk/wujud/dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
ª  Media, bahan dan teknik-teknik seni rupa dua dimensi
v  Mengumpulkan informasi
Mengumpulkan data/informasi melalui diskusi kelompok atau kegiatan lain guna menemukan solusi masalah terkait materi pokok yaitu
ª  Pengertian dan konsep dasar seni rupa dua dimensi
ª  Pengkelompokan seni rupa berdasarkan penciptaannya dan menurut bentuk/wujud/dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
ª  Media, bahan dan teknik-teknik seni rupa dua dimensi

v  Aktivitas
ª  Peserta didik diminta menganalisis dan membandingkan berbagai karya seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi
ª  Peserta didik diminta menganalisis unsur-unsur, media dan bahan karya seni rupa dua dimensi
ª  Peserta didik diminta mempersentasikan hasil analisisnya di depan kelas
v  Mendiskusikan
v  Saling tukar informasi tentang  :
ª  Pengertian dan konsep dasar seni rupa dua dimensi
ª  Pengkelompokan seni rupa berdasarkan penciptaannya dan menurut bentuk/wujud/dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
ª  Media, bahan dan teknik-teknik seni rupa dua dimensi
dengan ditanggapi aktif oleh peserta didik sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik menganalisis karya untuk menyimpulkan :
v  Menyampaikan hasil analisis berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil analis secara klasikal tentang :
ª  Pengertian dan konsep dasar seni rupa dua dimensi
ª  Pengkelompokan seni rupa berdasarkan penciptaannya dan menurut bentuk/wujud/dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
ª  Media, bahan dan teknik-teknik seni rupa dua dimensi
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh perserta didik lain
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
Menganalisa & mengevaluasi proses pemecahan masalah
Mengasosiasikan
Peserta didik menganalisa masukan, tanggapan dan koreksi dari guru terkait pembelajaran tentang:
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya maupun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.
v  Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai :
ª  Pengertian dan konsep dasar seni rupa dua dimensi
ª  Pengkelompokan seni rupa berdasarkan penciptaannya dan menurut bentuk/wujud/dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
ª  Media, bahan dan teknik-teknik seni rupa dua dimensi
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
ª  Pengertian dan konsep dasar seni rupa dua dimensi
ª  Pengkelompokan seni rupa berdasarkan penciptaannya dan menurut bentuk/wujud/dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
ª  Media, bahan dan teknik-teknik seni rupa dua dimensi

60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk tugas kelompok/ perseorangan (jika diperlukan).
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit






2. Pertemuan Ke-2 ( 2 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
ª  Pengertian dan konsep dasar seni rupa dua dimensi
ª  Pengkelompokan seni rupa berdasarkan penciptaannya dan menurut bentuk/wujud/dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
ª  Media, bahan dan teknik-teknik seni rupa dua dimensi
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª  Proses dan tahapan berkarya seni rupa dua dimensi
ª  Mengeksplorasi objek daun semanggi sebagai tema karya seni rupa dua dimensi
ª  Merancang konsep karya seni rupa dua dimensi 
ª  Menggambar sketsa rancangan karya seni rupa dua dimensi
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung
15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª  Proses dan tahapan berkarya seni rupa dua dimensi
ª  Mengeksplorasi objek daun semanggi sebagai tema karya seni rupa dua dimensi
ª  Merancang konsep karya seni rupa dua dimensi
ª  Menggambar sketsa rancangan karya seni rupa dua dimensi 
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
ª  Proses dan tahapan berkarya seni rupa dua dimensi
ª  Mengeksplorasi objek daun semanggi sebagai tema karya seni rupa dua dimensi
ª  Merancang konsep karya seni rupa dua dimensi
ª  Menggambar sketsa rancangan karya seni rupa dua dimensi
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
ª  Proses dan tahapan berkarya seni rupa dua dimensi
ª  Mengeksplorasi objek daun semanggi sebagai tema karya seni rupa dua dimensi
ª  Merancang konsep karya seni rupa dua dimensi
ª  Menggambar sketsa rancangan karya seni rupa dua dimensi 
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
ª  Proses dan tahapan berkarya seni rupa dua dimensi
ª  Mengeksplorasi objek daun semanggi sebagai tema karya seni rupa dua dimensi
ª  Merancang konsep karya seni rupa dua dimensi
ª  Menggambar sketsa rancangan karya seni rupa dua dimensi
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
ª  Proses dan tahapan berkarya seni rupa dua dimensi
ª  Mengeksplorasi objek daun semanggi sebagai tema karya seni rupa dua dimensi
ª  Merancang konsep karya seni rupa dua dimensi
ª  Menggambar sketsa rancangan karya seni rupa dua dimensi
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan kegiatan praktek, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
ª  Proses dan tahapan berkarya seni rupa dua dimensi
ª  Mengeksplorasi objek daun semanggi sebagai tema karya seni rupa dua dimensi
ª  Merancang konsep karya seni rupa dua dimensi
ª  Menggambar sketsa rancangan karya seni rupa dua dimensi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat
Persiapan alat dan bahan
Perserta didik diminta untuk menyiapkan media dan bahan untuk mengaplikasikan gambar rancangan karya seni rupa pada tas jinjing kanvas.
Membimbing kegiatan tugas praktek
Praktek Seni Rupa Dua Dimensi
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk mengeksplorasi dan mengolah tema karya seni rupa dua dimensi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek Daun Semanggi,
v  Mengumpulkan informasi
ª  Perserta didik mengumpulkan informasi visual, dan makna mengenai Daun Semanggi
v  Merancang
ª  Perserta didik merancang konsep, dan tema karya seni rupa dua dimensi yang terkait oleh unsur-unsur dan komposisi seni rupa.
ª  Perserta didik mengeksplorasi objek Daun Semanggi atau mengkombinasikan dengan objek lain sesuai kreatifias perserta didik
ª  Peserta didik menentukan warna dari karya seni rupa dua dimensi
v  Aktivitas
ª  Peserta didik diminta membuat gambar rancangan karya seni rupa dua dimensi dengan objek  Daun Semanggi di atas kertas A3 dan diwarnai dengan pensil warna
Menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil rancangan karya berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil rancangan karya seni rupa dua dimensi secara klasikal tentang :
ª  Proses dan tahapan berkarya seni rupa dua dimensi
ª  Mengeksplorasi objek daun semanggi sebagai tema karya seni rupa dua dimensi
ª  Merancang konsep karya seni rupa dua dimensi
ª  Menggambar sketsa rancangan karya seni rupa dua dimensi
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)


Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membuat rangkuman/simpulan pelajaran.tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit


3. Pertemuan Ke-3 ( 2 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
ª  Proses dan tahapan berkarya seni rupa dua dimensi
ª  Mengeksplorasi objek daun semanggi sebagai tema karya seni rupa dua dimensi
ª  Merancang konsep karya seni rupa dua dimensi
ª  Menggambar sketsa rancangan karya seni rupa dua dimensi
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª  Proses berkarya seni rupa dua dimensi yang diaplikasikan dimedia kanvas
ª  Mewujudkan rancangan dan konsep karya seni rupa dua dimensi
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung





15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª  Proses berkarya seni rupa dua dimensi yang diaplikasikan dimedia kanvas
ª  Mewujudkan rancangan dan konsep karya seni rupa dua dimensi
dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
ª  Proses berkarya seni rupa dua dimensi yang diaplikasikan dimedia kanvas
ª  Mewujudkan rancangan dan konsep karya seni rupa dua dimensi
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
ª  Proses berkarya seni rupa dua dimensi yang diaplikasikan dimedia kanvas
ª  Mewujudkan rancangan dan konsep karya seni rupa dua dimensi
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
ª  Proses berkarya seni rupa dua dimensi yang diaplikasikan dimedia kanvas
ª  Mewujudkan rancangan dan konsep karya seni rupa dua dimensi
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
ª  Proses berkarya seni rupa dua dimensi yang diaplikasikan dimedia kanvas
ª  Mewujudkan rancangan dan konsep karya seni rupa dua dimensi
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Mengorganisasikan peserta didik
Menanya
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang :
ª  Proses berkarya seni rupa dua dimensi yang diaplikasikan dimedia kanvas
ª  Mewujudkan rancangan dan konsep karya seni rupa dua dimensi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat.

Mempersiapkan Alat dan Bahan
Peserta didik diminta menyiapkan alat dan bahan untuk menyelesaikan kerja praktek seni rupa dua dimensi, seperti :
ª  Cat Akrilik
ª  Kuas
ª  Palet Warna
ª  Gelas berisi Air
ª  Lap pembersih
ª  Tas Jining Kanvas
Membimbing kegiatan praktek
Mewujudkan Gambar Rancangan
Peserta didik mewujudukan gambar rancangan dan konsep karya seni rupa dua dimensi melalui kegiatan:
v  Mengamati Media dan Ruang karya
v  Mengorganisasikan Gambar
ª  Perserta didik mengorganisasikan gambar rancangan pada media kanvas sesuai kaidah-kaidah seni rupa yaitu komposisi seni rupa.
v  Praktek Gambar
ª  Peserta didik diminta mengapilkasikan gambar rancangan sebelumnya pada media kanvas berupa tas jinjing kanvas.
v  Mendiskusikan
ª  Perserta didik diminta mendiskusikan rancangan gambar karya seni rupa dua dimensi dengan mengeksplorasi objek tumbuhan semanggi.
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik menyajikan hasil karyanya didepan kelas mengenai :
v  Menyampaikan hasil karya seni rupa secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil karya seni rupa dua dimensi secara klasikal tentang :
ª  Proses berkarya seni rupa dua dimensi yang diaplikasikan dimedia kanvas
ª  Mewujudkan rancangan dan konsep karya seni rupa dua dimensi
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan oleh peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.




60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Merapikan kembali alat dan bahan yang telah digunakan
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit


4. Pertemuan Ke-4 ( 2 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
Apersepsi
v  Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya,
ª  Proses berkarya seni rupa dua dimensi yang diaplikasikan dimedia kanvas
ª  Mewujudkan rancangan dan konsep karya seni rupa dua dimensi
v  Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
v  Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.
Motivasi
v  Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
v  Apabila materi/tema/projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:
ª  Mengaplikasikan warna pada sketsa yang telah dibuat dimedia kanvas
ª  Mengekploasi warna pada karya seni rupa dua dimensi
v  Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
v  Mengajukan pertanyaan.
Pemberian Acuan
v  Memberitahukan  materi pelajaran yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
v  Memberitahukan tentang kompetensi inti, kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang  berlangsung.

15
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Orientasi peserta didik kepada masalah
Mengamati
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik
ª  Mengaplikasikan warna pada sketsa yang telah dibuat dimedia kanvas
ª  Mengekplorasi warna pada karya seni rupa dua dimensi

dengan cara :
v  Melihat (tanpa atau dengan alat)
Menayangkan gambar/foto/tabel berikut ini
v  Mengamati
lembar kerja, pemberian contoh-contoh materi/soal untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb yang berhubungan dengan
ª  Mengaplikasikan warna pada sketsa yang telah dibuat dimedia kanvas
ª  Mengekplorasi warna pada karya seni rupa dua dimensi
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan
ª  Mengaplikasikan warna pada sketsa yang telah dibuat dimedia kanvas
ª  Mengekplorasi warna pada karya seni rupa dua dimensi
v  Mendengar
pemberian materi oleh guru yang berkaitan dengan
ª  Mengaplikasikan warna pada sketsa yang telah dibuat dimedia kanvas
ª  Mengekplorasi warna pada karya seni rupa dua dimensi
v  Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan/materi secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai :
ª  Mengaplikasikan warna pada sketsa yang telah dibuat dimedia kanvas
ª  Mengekplorasi warna pada karya seni rupa dua dimensi
untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
Membimbing tugas praktek
Mempersiapkan Alat dan Bahan
Peserta didik diminta menyiapkan alat dan bahan untuk menyelesaikan kerja praktek seni rupa dua dimensi, seperti :
ª  Cat Akrilik
ª  Kuas
ª  Palet Warna
ª  Gelas berisi Air
ª  Lap pembersih
ª  Tas Jining Kanvas
Mewarnai
Peserta didik diminta mewarnai gambar yang telah dibuat pada pertemuan sebelumnya dengan teknik plakat serta memperhatikan kerapihan dan kebersihan karya

Finishing
Perserta didik diminta melakukan finishing akhir pada karya seni rupa dua dimensi dengan cara :
ª  Memperhatikan kembali kerapihan dan kebersihan karya
ª  Memperhatikan kembali komposisi dan nilai estetika karya
Mengembangkan dan menyajikan hasil karya
Mengkomunikasikan
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil karya final tas jinjing berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil karya final tas jinjing secara klasikal tentang :
ª  Mengaplikasikan warna pada sketsa yang telah dibuat dimedia kanvas
ª  Mengekplorasi warna pada karya seni rupa dua dimensi
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang :
ª  Mengaplikasikan warna pada sketsa yang telah dibuat dimedia kanvas
ª  Mengekploasi warna pada karya seni rupa dua dimensi
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.

60
menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Membersihkan dan merapikan alat dan bahan dikelas
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memberikan penghargaan kepada perserta didik yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
  • Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya
15
menit

5. Pertemuan Ke-5 ( 2 x 45 menit )
Waktu
Kegiatan Pendahuluan
Guru :
Orientasi
v  Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
v  Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
v  Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

5
menit
Kegiatan Inti
Sintak
Model Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Mengorganisasikan peserta didik
Tes Tulis
Guru menyajikan soal tes tertulis tentang :
ª  Pengertian dan konsep dasar seni rupa dua dimensi
ª  Pengkelompokan seni rupa berdasarkan penciptaannya dan menurut bentuk/wujud/dimensi
ª  Unsur-unsur seni rupa dua dimensi
ª  Media, bahan dan teknik-teknik seni rupa dua dimensi
ª  Proses dan prosedur berkarya seni rupa dua dimensi
Guru mengawasi berjalannya tes tulis
80
Menit
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)

Kegiatan Penutup
Peserta didik :
  • Melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
Guru :
  • Memberikan refleksi diri dan motivasi pada perserta didik
  • Guru menutup kelas
5
Menit

F.      Penilaian Pembelajaran
1.      Teknik Penilaian
a.      Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)      Tes Tertulis
a)      Pilihan ganda
b)      Uraian/esai

b.      Penilaian Kompetensi Keterampilan
1)      Proyek
ª  Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi pokok
ª  Menyelesaikan tugas yang berkaitan dengan pengamatan dan eksplorasi
2)      Tugas
ª  Gambar rancangan produk
3)      Produk,
ª  Karya seni rupa dua dimensi berupa gambar Daun Semanggi di atas tas jinjing berbahan kanvas

2.      Instrumen Penilaian
a.       Lembar Penilaian Pengetahuan Tertulis (Terlampir)
b.      Lembar Penilaian Partisipasi Kelas (Terlampir)
c.       Lembar Penilaian Keterampilan - Penugasan (Terlampir)
d.      Lembar Penilaian Keterampilan - Proyek (Terlampir)
e.       Lembar Penilaian Keterampilan - Produk (Terlampir)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seni Budaya : Seni Rupa Dua Dimensi

Seni Budaya terdiri dari dua kata yang bergabung yaitu "Seni" dan "Budaya" . Definisi Seni adalah Keindahan dan Budaya adalah kebiasaan yang terus menerus dilakukan, sehingga menjadi warisan, ciri khas, karakter dan turun menurun di tiap masing-masing daerah. Maka Seni Budaya adalah kebiasaan yang memiliki keindahan. Seni rupa adalah bagian dari Seni Budaya. Tidak hanya seni rupa namun juga ada seni tari, seni musik, dan seni teater. Seni Rupa, memiliki dua kata yang bergabung 'Seni' dan 'Rupa' . Dari pembahasan sebelumnya seni adalah keindahan, lalu apa itu 'rupa' ? adalah wujud yang dapat dilihat dan diraba. Sehingga Seni rupa adalah wujud karya seni dengan media yang dapat dilihat dan diraba. Seni rupa merupakan wujud visual, gambaran, dan bentuk. Lalu bagaimana perbandingan dengan kesenian lain? Seni tari dan seni teater, dapat dilihat namun tidak boleh dan tidak dapat diraba. Seni Musik, tidak dapat dilihat dan tidak d

Instrumen Penilaian Mapel. Seni Budaya

Berikut adalah instrumen penilaian yang telah digunakan. Terdapat 4 macam instrumen penilaian yaitu, penilaian partisipasi kelas, penilaian penugasan (gambar rancangan totebag), penilaian proyek dan penilaian produk (karya utama). Semoga dapat menjadi referensi ilmiah yang bermanfaat :

Tijauan Seni : Museum Gunarsa Bali

Tradisional berasal dari kata tradisi yang berati kebiasaan lama yang oleh manusia zaman sekarang masih juga di lakukan. Pemakaian tradisi lama disebabkan karena tradisi lama memiliki nilai adiluhung , sehingga tidak mudah hancur oleh zaman. Dan dari yang lama terdapat nilai antik, yaitu budaya atau seni tetap bernilai tinggi. (Supartno, 2006) Seni tradisional adalah suatu wujud karya seni yang tercipta oleh bangsa Indonesia sebelum kedatangan bangsa asing. Seni tradisioanal terwujud karena pengaruh budaya, religi, dan tradisi yang sifatnya sakral,   adi luhung, dan memiliki nilai. Seni tradisional begitu berkatan kuat dengan seni daerah, sebab seni lahir di suatu daerah tertentu. Seni tradisional juga dapat tercipta oleh cerita rakyat, cerita nenek moyang, atau pun nilai-nilai luhur yang dipegang teguh oleh rakyat. Maka dari itu seni tradisional mucul di Indonesia memiliki berbagai ragam, khas dan ciri-ciri yang berbeda.   Khususnya Seni tradisional Bali yang lahir denga