Langsung ke konten utama

Resume Pembekalan PPP Silabus & RPP Seni Budaya



  • Silabus adalah rencana pembelajaran yang mencakup KI, KD, Materi pokok, Kegiatan Pembelajaran,  Penilaian, Alokasi waktu, dan Sumber belajar.

  • RPP adalah Adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai KD

  • Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan, dalam jenjang pendidikan tertentu.
  • Kompetensi Inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang Peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program.

o   KI-1 (Kompetensi Inti 1)   : Kemampuan sikap spiritual yang mencerminkan hubungan peserta didik dengan Sang Pencipta
o   KI-2 (Kompetensi Inti 2)        : Kemampuan sikap sosial yang mencerminkan hubungan peserta didik dgn masyarakat/ lingkungan sekitar
o   KI-3 (Kompetensi Inti 3)         : Kemampuan aspek  pengetahuan.
o   KI-4 (Kompetensi Inti 4)         : Kemampuan aspek Keterampilan.


  • Kompetensi Dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh Peserta Didik melalui pembelajaran/mata pelajaran

  • Modal utama menyusun RPP adalah pemahaman KI-KD-IPK, KI dan KD rumusannya sudah BAKU dan DITETAPKAN oleh peraturan menteri, karena itu tidak boleh diubah.

  •  Sedangkan, IPK dirumuskan sendiri oleh penyusun RPP. IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi)  tanda tercapainya tujuan pembelajaran

  • Tujuan pembelajaran: kompetensi yang akan dicapai oleh peserta didik setelah mengikuti pelajaran.

·         Berikut adalah pemahaman dari KI (Kompetensi Inti):
K1: Sikap Spriritual
K2 : Sikap Sosial
Menghargai dan menghayati ajaran agama   yang dianutnya (Sikap Spiritual).

Menunjukkan  perilaku jujur, disiplin,tanggung   jawab,        peduli  (toleransi, gotong  royong),  santun,  percaya  diri,   dalam berinteraksi  secara efektif dengan  lingkungan sosial dan alam dalam  jangkauan pergaulan dan keberadaannya” (Sikap Sosial)

K3 : Pengetahuan
K4 : Keterampilan
memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


·         Berikut adalah pemahaman dari KD (Kompetensi Dasar) :
KD SENI RUPA
KD SENI RUPA
3.1       memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan
4.1       menggambar flora, fauna, dan alam benda

3.2       memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias
4.2       menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

3.3       memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan
4.3       membuat karya dengan berbagai motif ragam hias pada bahan buatan
3.4       memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan alam
4.4       membuat karya dengan berbagai motif ragam hias pada bahan alam

·         Berikut adalah pemahaman tentang KD dan IPK :
KD SENIRUPA
IPK SENI RUPA
3.1       memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan
3.1.1 Menyebutkan unsur2 gambar  flora, fauna, dan benda alam
3.1.2  Menjelaskan prosedur mengambar flora, fauna, dan alam benda

4.1 Menggambar flora, fauna dan  alam benda

4.1.1  Membuat sket gambar   flora,   fauna dan  alam benda.
4.1.2  Membuat Finishing gambar flora,   fauna dan  alam benda.

·         Berikut pemahaman tentang tujuan pembelajaran :
KD
Tujuan Pembelajaran
Menggambar flora, fauna dan  alam benda

Setelah  mengamati contoh dari guru (C) Siswa (A) dapat  menggambar flora (B) dengan teknik arsir yg benar (D)



·         Berikut komponen yang terdapat di RPP sesuai (Permendikbud  22 Tahun 2016)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                        : ...................................
Mata Pelajaran           : …………………………..
Kelas/Semester           : …………... / …………..
Materi Pokok              :……………………………
Alokasi Waktu                        : ……………………………

A. Tujuan Pembelajaraa
Dirumuskan berdasar KD, dengan menggunakan kata kerja operasional, mencakup aspek sikap, pengetahuan, keterampilan
B. Kompetensi Dasar & IPK
C. Materi pembelajaran, ditulis dalam bentuk butir-butir
D. Metode pembelajaran
E. Media Pembelajaran
F. Sumber Belajar
G. Langkah-langkah pembelajaran: Pendahuluan, Inti, Penutup
H. Penilaian hasil belajar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Seni Budaya : Seni Rupa Dua Dimensi

Seni Budaya terdiri dari dua kata yang bergabung yaitu "Seni" dan "Budaya" . Definisi Seni adalah Keindahan dan Budaya adalah kebiasaan yang terus menerus dilakukan, sehingga menjadi warisan, ciri khas, karakter dan turun menurun di tiap masing-masing daerah. Maka Seni Budaya adalah kebiasaan yang memiliki keindahan. Seni rupa adalah bagian dari Seni Budaya. Tidak hanya seni rupa namun juga ada seni tari, seni musik, dan seni teater. Seni Rupa, memiliki dua kata yang bergabung 'Seni' dan 'Rupa' . Dari pembahasan sebelumnya seni adalah keindahan, lalu apa itu 'rupa' ? adalah wujud yang dapat dilihat dan diraba. Sehingga Seni rupa adalah wujud karya seni dengan media yang dapat dilihat dan diraba. Seni rupa merupakan wujud visual, gambaran, dan bentuk. Lalu bagaimana perbandingan dengan kesenian lain? Seni tari dan seni teater, dapat dilihat namun tidak boleh dan tidak dapat diraba. Seni Musik, tidak dapat dilihat dan tidak d

Instrumen Penilaian Mapel. Seni Budaya

Berikut adalah instrumen penilaian yang telah digunakan. Terdapat 4 macam instrumen penilaian yaitu, penilaian partisipasi kelas, penilaian penugasan (gambar rancangan totebag), penilaian proyek dan penilaian produk (karya utama). Semoga dapat menjadi referensi ilmiah yang bermanfaat :

Tijauan Seni : Museum Gunarsa Bali

Tradisional berasal dari kata tradisi yang berati kebiasaan lama yang oleh manusia zaman sekarang masih juga di lakukan. Pemakaian tradisi lama disebabkan karena tradisi lama memiliki nilai adiluhung , sehingga tidak mudah hancur oleh zaman. Dan dari yang lama terdapat nilai antik, yaitu budaya atau seni tetap bernilai tinggi. (Supartno, 2006) Seni tradisional adalah suatu wujud karya seni yang tercipta oleh bangsa Indonesia sebelum kedatangan bangsa asing. Seni tradisioanal terwujud karena pengaruh budaya, religi, dan tradisi yang sifatnya sakral,   adi luhung, dan memiliki nilai. Seni tradisional begitu berkatan kuat dengan seni daerah, sebab seni lahir di suatu daerah tertentu. Seni tradisional juga dapat tercipta oleh cerita rakyat, cerita nenek moyang, atau pun nilai-nilai luhur yang dipegang teguh oleh rakyat. Maka dari itu seni tradisional mucul di Indonesia memiliki berbagai ragam, khas dan ciri-ciri yang berbeda.   Khususnya Seni tradisional Bali yang lahir denga