Langsung ke konten utama

Resume Pembekalan PPP Silabus & RPP Seni Budaya



  • Silabus adalah rencana pembelajaran yang mencakup KI, KD, Materi pokok, Kegiatan Pembelajaran,  Penilaian, Alokasi waktu, dan Sumber belajar.

  • RPP adalah Adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai KD

  • Standar Kompetensi Lulusan adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan, dalam jenjang pendidikan tertentu.
  • Kompetensi Inti adalah tingkat kemampuan untuk mencapai Standar Kompetensi Lulusan yang harus dimiliki seorang Peserta didik pada setiap tingkat kelas atau program.

o   KI-1 (Kompetensi Inti 1)   : Kemampuan sikap spiritual yang mencerminkan hubungan peserta didik dengan Sang Pencipta
o   KI-2 (Kompetensi Inti 2)        : Kemampuan sikap sosial yang mencerminkan hubungan peserta didik dgn masyarakat/ lingkungan sekitar
o   KI-3 (Kompetensi Inti 3)         : Kemampuan aspek  pengetahuan.
o   KI-4 (Kompetensi Inti 4)         : Kemampuan aspek Keterampilan.


  • Kompetensi Dasar adalah kemampuan untuk mencapai Kompetensi Inti yang harus diperoleh Peserta Didik melalui pembelajaran/mata pelajaran

  • Modal utama menyusun RPP adalah pemahaman KI-KD-IPK, KI dan KD rumusannya sudah BAKU dan DITETAPKAN oleh peraturan menteri, karena itu tidak boleh diubah.

  •  Sedangkan, IPK dirumuskan sendiri oleh penyusun RPP. IPK (Indikator Pencapaian Kompetensi)  tanda tercapainya tujuan pembelajaran

  • Tujuan pembelajaran: kompetensi yang akan dicapai oleh peserta didik setelah mengikuti pelajaran.

·         Berikut adalah pemahaman dari KI (Kompetensi Inti):
K1: Sikap Spriritual
K2 : Sikap Sosial
Menghargai dan menghayati ajaran agama   yang dianutnya (Sikap Spiritual).

Menunjukkan  perilaku jujur, disiplin,tanggung   jawab,        peduli  (toleransi, gotong  royong),  santun,  percaya  diri,   dalam berinteraksi  secara efektif dengan  lingkungan sosial dan alam dalam  jangkauan pergaulan dan keberadaannya” (Sikap Sosial)

K3 : Pengetahuan
K4 : Keterampilan
memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


·         Berikut adalah pemahaman dari KD (Kompetensi Dasar) :
KD SENI RUPA
KD SENI RUPA
3.1       memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan
4.1       menggambar flora, fauna, dan alam benda

3.2       memahami prinsip dan prosedur menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias
4.2       menggambar gubahan flora, fauna, dan bentuk geometrik menjadi ragam hias

3.3       memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan buatan
4.3       membuat karya dengan berbagai motif ragam hias pada bahan buatan
3.4       memahami prosedur penerapan ragam hias pada bahan alam
4.4       membuat karya dengan berbagai motif ragam hias pada bahan alam

·         Berikut adalah pemahaman tentang KD dan IPK :
KD SENIRUPA
IPK SENI RUPA
3.1       memahami unsur, prinsip, teknik dan prosedur menggambar flora, fauna dan alam benda dengan berbagai bahan
3.1.1 Menyebutkan unsur2 gambar  flora, fauna, dan benda alam
3.1.2  Menjelaskan prosedur mengambar flora, fauna, dan alam benda

4.1 Menggambar flora, fauna dan  alam benda

4.1.1  Membuat sket gambar   flora,   fauna dan  alam benda.
4.1.2  Membuat Finishing gambar flora,   fauna dan  alam benda.

·         Berikut pemahaman tentang tujuan pembelajaran :
KD
Tujuan Pembelajaran
Menggambar flora, fauna dan  alam benda

Setelah  mengamati contoh dari guru (C) Siswa (A) dapat  menggambar flora (B) dengan teknik arsir yg benar (D)



·         Berikut komponen yang terdapat di RPP sesuai (Permendikbud  22 Tahun 2016)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Sekolah                        : ...................................
Mata Pelajaran           : …………………………..
Kelas/Semester           : …………... / …………..
Materi Pokok              :……………………………
Alokasi Waktu                        : ……………………………

A. Tujuan Pembelajaraa
Dirumuskan berdasar KD, dengan menggunakan kata kerja operasional, mencakup aspek sikap, pengetahuan, keterampilan
B. Kompetensi Dasar & IPK
C. Materi pembelajaran, ditulis dalam bentuk butir-butir
D. Metode pembelajaran
E. Media Pembelajaran
F. Sumber Belajar
G. Langkah-langkah pembelajaran: Pendahuluan, Inti, Penutup
H. Penilaian hasil belajar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Instrumen Penilaian Mapel. Seni Budaya

Berikut adalah instrumen penilaian yang telah digunakan. Terdapat 4 macam instrumen penilaian yaitu, penilaian partisipasi kelas, penilaian penugasan (gambar rancangan totebag), penilaian proyek dan penilaian produk (karya utama). Semoga dapat menjadi referensi ilmiah yang bermanfaat :

Anyam-anyam Kertas

Seni menganyam kertas adalah awal atau dasar latihan untuk dapat menanyam ke berbagai bahan. Dengan menanyam bisa menbuat berbagai aplikasi rumah tangga hingga untuk interior dan eksterior yang bernilai estetik. Bahan apa saja yang bisa di pakai untuk menganyam? Terbagi dua kelompok, bahan alam dan bahan sintentis. Bahan alam ialah :  Rotan Enceng gendok Akar Pelepah batang pisang  Pandan Bambu Mendong Purun Sepet (serabut kelapa) Bahan Sintetis : Tali Kur Kain Agel Limbah Plastik Berikut berbagai motif anyam tradisional yang sering kita temui di berbagai perlengkapan rumah tangga. Motif Kepang Motif Seruni Motif Sesek Motif Bali Motif miring  Motif Udan Iris Motif Catur Motif Segi Enam Berbagai Motif Kreasi

Galleri Antonio Blanco Bali Indonesia

Antonio Maria Blanco  (lahir di  Manila ,  Filipina ,  15 September   1912  – meninggal di  Bali ,  Indonesia ,  10 Desember   1999  pada umur 87 tahun) adalah seorang pelukis keturunan  Spanyol  dan  Amerika . Antonio lahir di distrik Ermita di  Manila ,  Filipina . Ia pada mulanya hidup dan bekerja di  Florida  dan  California ,  Amerika Serikat , hingga pada suatu waktu hatinya tertarik untuk mengeksplorasi pulau-pulau di samudra Pasifik  sebagai sumber inspirasinya. Dari  Cambodia  ia kemudian pergi ke  Bali  pada tahun 1952 dan menikahi seorang wanita sebagai objek utama model lukisannya dan seorang penari tradisional Bali  bernama Ni Ronji pada tahun 1953.  Antonio mencintai pemandangan yang indah, suasana lingkungan yang seperti impian, dan keberadaan seni dan cinta yang luar biasa. Itulah yang menjadi motivasi dan hasrat un...